Buah Naga dengan bahasa latin Pitaya merupaakn jenis buah dari beberapa jenis kaktus, yang barasal dari negara Mexico, Amerika Tengah dan juga tersebar luas di wilayah semenanjung Yucatan dan di wilayah dataran Amerika Selatan. Konon katanya terciptanya kata buah naga ini berasal dari kebudayaan asli sebagian orang yang tinggal di negara Vietnam dan Cina yang sering meletakkan buah ini di antara kedua patung naga pada meja altar, dari sanalah muncul kata thang loy (buah naga).

Setelah itu diterjemahkan lagi ke dalam bahasa Inggris sebagai dragon fruit atau buah naga.

Buah naga adalah buah yang rendah kalori, mengandung banyak gizi seperti fosfor, protein, kalsium, fiber, antioksidan, vitamin B, dan C.

Jual Bibit Buah Naga Siap Tanam

Selain bisa langsung dimakan, buah naga juga banyak dijadikan campuran dalam pembuatan kue, jus, salad, buah untuk diet, sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan kulit, dan masih banyak lagi.

Adapun ciri – ciri umum buah naga antara lain:

  • Bentuk pohonnya berjenis kaktus. Terdiri dari akar, batang, duri, bunga, dan daun.
  • Akarnya berbentuk serabut yang berkembang di dalam tanah dan ada juga pada batang atas sebagai akar gantung. Akar yang tumbuh pada batang terletak di sepanjang batang pada bagian punggung sirip di sudut batang.
  • Bunganya mekar menjelang senja saat kuncup telah mencapai 30cm, malam sekitar pukul 9 barulah mahkota bunga yang berwarna krem mekar. Kemudian disusul mahkota bagian dalam yang berwarna putih meliputi benang sari yang berwarna kuning. Saat tengah malam barulah bunga yang bentuknya seperti corong akan terbuka. Oleh sebab itu di juluki night blooming cereus. Bunga buah naga menyebarkan bau yang harum, hal ini untuk mengundang kelelewar dalam proses penyerbukan (sampainya serbuk sari pada putik).
  • Bentuk buahnya sangat unik, disekitar kulit buah terdapat jumbay – jumbay yang mirip sisik naga.Buah terdiri dari kulit dan daging yang mempunyai biji kecil – kecil berwarna hitam dan dapat di makan.
  • Batangnya berbentuk segi tiga, dengan duri yang pendek sehingga mirip kaktus tak berduri.

Ada beberapa varietas sepesis buah naga, yaitu:

  • Hylocereus polyrhizus (buah naga dengan kulit berwarna merah dan daging berwarna merah)
  • Hylocereus undatus (buah naga dengan kulit berwarna merah dan daging berwarna putih)
  • Hylocereus costaricensis (buah naga dengan kulit berwarna merah dan daging berwarna super merah)
  • Selenicereus megalanthus (buah naga dengan kulit berwarna kuning dan daging berwarna putih)

Budidaya tanaman buah naga ini juga  tidak membutuhkan lahan yang luas,yakni dapat anda lakukan dengan cara menanam buah naga  dengan daunnya (berbentuk kaktus) atau dari bijinya. Jika menanam dari daun hanya perlu memotong beberapa helai daunnya lalu menanamnya pada media tanah yang telah disediakan.

Berikut tahapan cara menanam buah naga dari bijinya:

  1. Siapkan buah naga yang sudah matang, lalu kupas dan ambil dagingnya.
  2. Letakkan pada ember yang bersih bibit buah naga tersebut, kemudian remas – remas untuk memisahkan biji dari dagingnya. Buang airnya secara perlahan menggunakan saringan teh, lakukan terus sampai tidak ada lagi daging yang tersisa, jadi hanya biji saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya pembusukan pada biji.
  3. Siapkan gelas bening dan kapas atau bisa juga menggunakan bahan kapuk yang akan dijadikan media untuk penyemaian buah naga.
  4. Masukkan kapas atau kapuk ke dalam gelas bening dan basahi dengan sedikit air.
Jual Bibit Buah Naga Siap Tanam

Nah,di dalam 100 gram biji tanaman buah naga yang siap santap ada berbagai macam zat dan juga gizi yang terkandung, yaitu:

  • 228 gr kalori
  • 14 gr lemak
  • 0 mg kolesterol
  • 24 mg natrium
  • 59 gr karbohidrat
  • 17 gr protein
  • 1,5 gr gula
  • 83 gr serat makanan
  • 19 % kalsium
  • 87% zat besi

·         Tahap perawatan dan pemeliharaan bibit pohon Buah Naga

Penyiraman, lakukan penyiraman bibit Buah Naga jika dibutuhkan karena tanaman Buah Naga sangat sensitif terhadap cuaca (terlalu panas atau terlalu dingin) jika cuaca sedang panas – panasnya lebih baik lakukan penyiraman air. Penyiraman tanaman Buah Naga tidak dilakukan sepanjang waktu cukup melihat kondisi yang diperlukan saja.

Penyulaman, lakukan pemantauan bibit pohon Buah Naga ini secara rutin. Segera sulam bibit Buah Naga yang mati, tumbuh tidak sempurna, dan terserang hama atau penyakit.

Penyiangan, rumput – rumput yang tumbuh sembarangan di sekitar bibit Buah Naga harus segera dilakukan penyiangan agar bibit Buah Naga ini nantinya tidak terganggu pertumbuhannya. Hindari penggunaan pestisida pada bibit Buah Naga karena kemungkinan akan mati karena kerusakan tanah dan keracunan.

Sebelum menggunakannya sebagai bahan untuk pembuatan kue, es krim, dan berbagai macam sajian favorit lainnya, cermati dulu beberapa manfaat Buah Naga bubuk berikut ini:

1. Tinggi antioksidan

Bubuk Buah Naga adalah salah satu jenis makanan yang sangat kaya akan kandungan flavonoid sebagai bagian dari senyawa polifenol. Kedua senyawa ini merupakan antioksidan secara alami. Antioksidan adalah zat yang bertugas untuk menangkal dan juga membasmi efek buruk dari adanya serangan radikal bebas, yang mana dapat memicu timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh seperti stroke,serangan jantung,dan diabetes.

.

Senyawa polifenol ini banyak dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan. Mulai dari mengurangi peradangan, memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, hingga meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

2. Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke

Di dalam daging Buah Naga ini mempunyai berbagai macam kandungan flavonoid nya yang cukup tinggi, maka dari itu Buah Naga ini sangat dipercaya dapat memperkecil peluang Anda mengalami serangan jantung dan stroke sedini mungkin. Pasalnya, flavonoid yang ada di dalam buah naga ini akan berperan dalam meningkatkan oksida nitrat di dalam darah yang mana dengan begitu akan melebarkan arteri dan pembuluh darah dalam tubuh, sehingga aliran darah akan meningkat dengan lancar.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti di British Cardiac Society yang mana setidaknya hamper dari 190.000 orang menemukan tentang sebuah fakta bahwa ketika terlalu banyak memakan buah naga nyatanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan gejala terkena stroke baik ringan maupun akut. Hal ini,karena tanaman Buah Naga diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh secara optimal.

3. Mengurangi gejala depresi

Tanaman Buah Naga ini sudah sejak lama dikenal bisa memperbaiki suasana hati seseorang dan juga sangat efektif untuk menurunkan kadar emosional dalam batin seseorang. Ternyata, hal ini disebabkan oleh adanya sari dari Buah Naga yang mempunyai andil yang cukup besar dalam hal ini.

Menurut dr. Elson Haas, seorang penulis buku serta pakar botani Staying Healthy with Nutrition, mengungkapkan jika dari daging Buah Naga ini bisa memperbaiki suasana hati,dan sekaligus dapat mengatasi depresi dalam tingkatan yang berbeda-beda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>